Kuliah di luar negeri memang bisa jadi sesuatu yang diimpikan banyak orang terutama bagi para mahasiwa. Sebetulnya kuliah dalam negeri juga bagus dan tidak kalah dengan universitas di luar negri. Hanya untuk beberapa jurusan yang membutuhkan eksperimen yang rumit, sepertinya universitas-universitas di Indonesia belum begitu mendukung.

Selain belajar yang sesuai bidangnya di luar negeri, ternyata begitu banyak hal yang bisa dipelajari selama belajar di suatu negara baru.

Manfaat Kuliah Di Luar Negeri
Turki – (Foto: @fatihgazi)

Manfaat Kuliah Di Luar Negeri

Pertama,  Belajar kultur baru

Sesuatu yang sangat kaya adalah ketika kita bisa belajar budaya atau kultur negara lain di tempatnya. Sebagai orang Asia, sebetulnya orang-orang Indonesia, termasuk yang cukup gampang beradaptasi di luar Indonesia. Apalagi kalau kuliahnya bukan di English Speaking Country, seperti Jepang, Korea Selatan, Jerman dan lainnya.

Kedua,  Belajar menghargai waktu

Kalau di Indonesia, budaya telat 1 jam sepertinya  sudah lumrah dengan alasan macet. Tapi budaya seperti ini tidak bisa diterapkan saat kuliah di luar negeri apalagi ketika kamu memilih untuk bekerja di sana.

Ketiga,  Belajar untuk tidak makan nasi sebagai makanan utama

Nasi bukan makanan pokok kalau di negara-negara non Asia. Ada baiknya juga kamu belajar untuk tidak makan nasi sebagai makanan utama. Karena dengan membiasakan tidak makan nasi, tubuh kita akan terlatih untuk pergi-pergi ke tempat baru dimana nasi bukanlah makanan pokoknya.

Keempat,  Belajar mandiri

Ini yang paling penting. Kalau di rumah terbiasa dengan adanya asisten atau orang tua yang bisa membantu untuk mengurus semua keperluan dari makan sampai pakaian. Sebaliknya, kalau kuliah di luar negeri sudah harus bisa melakukan semuanya sendiri.

Belajar Menghargai Waktu
Istanbul – (Foto: @viviolinjm)